STRATEGI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MATERI SEMESTER GENAP XII IPS
STRATEGI PEMBERDAYAAN
KOMUNITAS
PETA KONSEP
A. KOMUNITAS
DAN KEARIFAN LOKAL
Pada umumnya
kearifan local berkembang dalam sebuah komunitas,sebagai langkah awal
pembelajaran mengenai komunitasdan kearifan local ,kerjakan kegiatan berikut.
Kegiatan Individu
1.
Komunitas
Komunitas adalah bagian yang tidak
terpisahkan dalam masyarakat,sebagai contoh,Paguyuban sepeda ontel,odex ,di
Klaten Jawa tengah dan mengapa disebut dengan komunitas karena memilki minat yang
sama serta bertempat tinggal didaerah yang sama,Aspek kesamaan lokalitas menjadi factor utama terbentuknya
komunitas sedangkan kesamaan lokalitas antar anggota inilah yang membedakan komunitas dengan kelompok
social
Komunitas merupakan kata serapan dari bahasa
inggris,yaitu community yang diterjemahkan sebagai masyarakat setempat yang
memiliki cakupan wilayah sama,anggota masyarakat setempat memilki jalinan interaksi kuat,selain itu dalam
masyarakat setempat terdapat kebudayaan
yang sama antar anggota.
Menurur Counyers, terdapat tiga
criteria komunitas yaitu:
1. Konsep
komunitas memilki komponen-komponen fisik yang menggambarkan adanya kleompok manusaia yang hidup didaerah
tertentu dan saling berinteraksi
2. Anggota-
anggota komunitas pada umumnya memilki
beberapa cirri khas yang sama yang menyebabkan timbulnya identifikasi mereka
sebagai sebua kelompok
3. Suatu
komunitas pada umumnya memilki keserasian dasar dalam hal perhatian dan
aspirasi(soetomo:2013:82)
B.
Jenis – jenis komunitas
Masyarakat
memilki aneka ragam komunitas,misalnya,adat,komunitas local,dan komunitas
berdasrkan kesamaan minat.
Komunitas
adat pada umumnya terbentuk dalam masyarakat yang memegang teguh nilai—nilai
adat tertentu. Contoh,komunitas adat suku Baduy,suku Sasak,dan suku
Dayak.sementara itu , Komunitas local
menacakup masyarakat yang bermukim atau mencari nafkah diwilayah
tertentu,misalnya komunitas local
disekitar pabrik,kantor,desa atau kota tertentu.sedangkan ,
Komunitas
berdasrkan kesamaan minat
misalnya,komunitas pencinta sepeda,komunitas pencinta hewan,dan komunitas
pemerhati kelestarian hutan.
Komunitas dalam masyarakat modern memiliki kelembagaan
social yang lebih kompleks dibanding
komunitas masayarakat tradisional
.
Komunitas modern didorong oleh perkembangan tehnologi dan ilmu pengetahuan sehingga lebih muda berinteraksi dan lebih muda melakukan mobilitas social,sehingga komunitas masyarakat kota lebih luas disbanding dengan komunitas masayarakat desa .
C.
Kekuatan pengikat komunitas
Komunitas
pada umumnya bersifat horizontal karena
dibentu oleh beberapa individu dengan kedudukan yang setara. Yang menjadi
kekuatan pengikat suatu komunitas adalah
kepentingan bersama dalam memenuhi
kebutuhan kehidupan social yang berdasrkan atas kesamaan latar belakang
budaya, idiologi, dan social ekonomi
Sosio info
Perbedaan
masyarakat dan komunitas
Masyarakat merupakan kumpulan besar individu yang memilki kesadaran
akan keanggotaannya dan saling
berinteraksi,sedangkan komunitas merupakan
kumpulan individu dalam suatu wilayah yang membentuk kelompok social.
Kedua devinisi tersebut menunjukan bahwa,masyarakat memilki cakupan lebih
luas dibandingkan dengan komunitas.Anggota komunitas memilki kesamaan wilayah
sehingga memungkinkan mereka berinteraksi melalui tatap muka yang dilakukan
secara intensif.
D.
Unsure-unsur Komunitas
Anggota
komuninas relative berdekatan tempat tinggal sehingga mendorong setiap
anggota menjalin hubungan erat sehingga memben tuk solidaritas kuat dan
saling membutuhkan antar anggota.sebagai analogi,semakin sering anda
menggunakan telefon seluler,semakin besar ketergantungan anda terhadap fungsi telefon tersebut,demikian
juga semakin kuat ikatan antar anggota
semakin pula ketergantungan antar anggota dalam sebuah komunitas sehingga
menimbulkan perasaan saling melindungi dan menjaga eksistensi komunitas(Perasaan komunitas)
Menurut
Soerjono Soekanto,(2012:134)bahwa unsure—unsur perasaan komunitas sebagai
berikut.
1. Seperasaan
Unsure seperasaan timbul akibat
seseorang berusaha mengidentifikasikan
dirinya dengan sebanyak mungkin orang dalam komunitas.Keadaan tersebut
menyebabkan munculnya kedekatan antar anggota komunitas. Factor kedekatan
menyebabkan setiap anggota memilki keinginan mewujudkan tujuan bersam dalam
komunitas,anggota komunitas akan
menyebutkan dirinya sebagai “kelompok kami”perasaan kami” dan “anggota kami”
penggunaan kata kami menujukan adanya kesamaan perasaan ,sebagai
contoh”komunitas pencinta sepak bola”
2. Sepenaggungan
Sikap sepenaggungan dalam komunitas
menujukan setiap anggota kelompok menyadari peran masing-masing.tujuan
komunitas menjadi tanggung jawab semua
anggota .Contoh,komunitas pelajar Indonesia
yang sedang belajar diluar neferi
3. Saling
memerlukan
Komunitas identik dengan kelompok orang dalam suatu wilayah sehingga menimbulkan rasa ketergantungan dalam memenuhi kebutuhan baik fisik maupun nonfisik,contoh kegiatan membangun rumah secara gotong royong
2.
Kearifan
local
Setiap komunitas dan mayarakat
memilki ciri khas masing-masing antara lain,adat istiadat,tradisi, dan
kebiasaan yang membedakannya dengan komunitas dan masyarakat lain.(coba
sebutkan secara lisan cirri khas daerah anda )
A.
Pengertian
Kearifan local
Adat istiadat,tradisi, dan kebiasaan
berkembang berdasrkan nilai-nilai kearifan local masyarakat.
Sebagai langkah awal kearifan local
kerjakan kegiatan berikut !
Kegiatan
kelompok
Analisis wacana
Pada saat ini membatik telah dikenal masyarakat
dunia,banyak wisatawan asing tertarik
mempelajarai seni batik.menurut pen dapat anda apakah seni membatik merupakan
bentuk kearifan local?apa dampak globalisasi terhadap perkembangan batik di
Indonesia?coba diskusikan pertanyaan tersebut bersam teman sebangku
anda,selanjutnya berikan pendapat dari
kelompok anda mengenai upaya
melestarikan seni batik secara kreatif.
Kearifan
local beasal dari dua kata yaitu,kearifan(wisdom)dan local(local). Dalam kamus
inggri-indonesia local berarti
seiempatsedangkan wisdom(kearifan)diartikan sama dengan kebijaksanaan sehingga secara umum dapat
dipahami sebagai gagasan—gagasan
setempat (local) yang bersifat bijaksana,penuh kearifan,bernilai baik yang
tertanam yang diikuti oleh anggota masyarakat.
Kearifan
local menurut para ahli sebagai berikut.
1. I
Ketut Gobyah
Kearifan local adalahkebenaran yang
telah mentradisi atau ajeg dalam suatu
daerah,perpaduan nilai tuhan dan nilai masyarakat dan menjadi pegangan hidup
meskipun bernilai local,nilai yang terkandung dalam kearifan local bersifat
universal(Mariane:2014:112)
2. Sonny
Keraf
Kearifan local adalah semua bentuk
pengetahuan ,keyakinan,pemaham ,wawasan serta adat kebiasaan atau etika yang yang menuntun perilaku manusia dan kehidupan dalam komunitas
ekologi(Keraf:2010:369)
3. Roikhwanphut
4. Keraifan
local dapat diartikan sebagai pengetahuan dasar yang diperoleh dari keseimbangn
hidup dengan alam,hal ini terkait dengan
kebudayaan masyarakat yang terakumulasi secara terus menerus(Mungmaehon
:2012:174-181)
Berdasarkan pengertian diatas dapat
disimpulkan bahwa,Keatifan local merupakan gagasan-gagasan local yang dimilki oleh
masyarakatatupun komunitas secara turun-temurun dan masih dipertahankan oleh
suatu kelompok masyarakat
B.
Proses
terbentuknya kearifan local
Keraifan local merupakan sebuah
ilmu pengetahuan , yang diketaui oleh masyarakat local terkait alam dan kondisi
geografis lingkungannya. Kearifan local sengaja diciptakan atau dibentuk demi tujuan tertentu.
Tujuan utama masyarakat menciptakan
Kearifan local adalah, sebagai pemecahan masalah yang dihadapi dalam
kehidupannya sehari-hari. Kearifan local terbentuk dari pengetahuan-pengetahuan local
terkait fenomena alam dan social yang bisa jadi bersifat subjek atau
kesepakatan suatu kelompok masyarakat.
Kearifan local tidak hanya terdapat
pada masayarakat tradisional,masyarakat modern juga dapat menciptakan kearifan
local berkaitan alam dan lingkungan.
Perhatikan gambar!
Pada gambar tampak tempat sampah yang terbagi dalam dua kategori yaitu organic
dan non organic. Kebiasaan membuang sampah dengan memilah terlebih dahulu
merupakan bentuk kearifan local masyarakat modern,bahkan kebiasaan tersebut
menjadi kerifan global karean akan
diikuti oleh daerah lain atau Negara lain
yang mengalami masalah sama.
Tujuan awal dari pemisahan sampah adalah memudahkan
proses daur ulang sehingga mampu mengurangi penumpukan sampah ditempat
pembuangan ahir (TPA)
C.
Unsure-unsur
kearifan local
Konsep kearifan local meliputi berbagai dimensi,menurut Irene
Mariane(113:2014) kearifan local meliputi wilayah teologis atau dalam idiologi
pragmatis atau berkaitan dengan pemanfanfaatan dan tehnik atau cara
Artinya ,kearifan local meliputi
nilai,norma,etika,kepercayaan,kebiasaan, hingga aturan-aturan khusu dalam
masyarakat.
Adapun secara rinci unsure – unsure
kearifan local sebagi berikut :
1. Pengetahuan
local
Contoh, musim tanam berdasrkan rasi
bintang dll
2. Nilai
local
Contoh ,nilai-nilai lokalitas yang
terkandung dalam bahasa,bahasa merupakan wujud kearifan local kaerena dalam
bahasa terkandung tradisi,nilai dan kebiasaan, suatu masyarakat pada daerah
tertentu.
Misalnya,berbicara dengan orang
yang lebih tua,berdoa, atau berbicara
pada pemuka agama, atau contoh lain pada masayarakat bali memilki tiga
tingkatan dalam bahasa,yaiitu,bali alus,bali madya,bali kasar.
3. Ketrampilan
local
Kearifan local juga mengandung kemampuan masayarakat dalam mengelolah
lingkungan rohani dan jasmaninya.
Artinya, masyarakat memilki
aktivitas-aktivitas yang di8lakukan demi
menunjang kehidupannya,sesuai dengan kondisi lingkungan alamnya.
Contoh,berburu,meramu,bercocok tanam sampai membuat peralatan rumah tangga.
4. Kepercayaan
local
Kepercayaan local berkaitan dengan
pemahaman religiusitas mayarakat local.hal ini disebut kepercayaan local karena
kepercayaan tersebut hanya dipeluk oleh
suku atau mayarakat setempat
Contoh, kepercayaan keharingan pada
masyarakat dayak,aluk tolodo pada masayarakat jawa dll
5. Hukum
local
Hukum local adalah hukum yang hanya
berlaku disuatu daerah dan dijunjung tinggi oleh kelompok masayarakat
setempat(hukum adat/hukum tidak tertulis)
Contoh ,larangan memasuki hutan
keramat dll
d.
Fungsi
Keraifan Lokal
Adapun fungsi umum Kearifan local
sebagai berikut :
1. Sebagai
konservasi dan pelestarian sumber daya
alam( agar kehidupan masyarakatnya tidak terganggu)
2. Sebagai
pengemban gan sumber daya manusia
Contoh, Adanya kedaran untuk selalu
hidup bersama dalam memenuhi setiap aktivitas(gotong royong)
3. Sebagai
pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan
4. Sebagai
petuah,kepercayaan dan pantangan(menjaga
pola prilaku anggota masyarakat lain)
e.
Kearifan
Lokal Cerminan Budaya Bangsa
Contoh, gotong royong merupakan bentuk kearifan local yang dimilki bansa Indonesia
f.
Kearifan
local dan Pengaruh Globalisasi
Globalisasi berkaitan dengan
modernisasi,menurut Anhoni giddens bahwa, Kehidupan modern ibarat sebuah
kenderaan yang berjalan cepatsaat dapat dikendalikan,tetapi juga terancam lepas
kendali..
Artinya, kehidupan modern sangat
dinamis tidak hanya mengikuti alur tunggal.Modernisasi memilki kekuasaan untuk bergerak sendiri sehingga tidak memberikan kesempatan bagi manusia untuk beristerahat,menyesuaikan
diri,ataupun mengontrol perubahan..Globalisasi
membawa pengaruh besar dalam
kehidupan suatu bangsa bahkan globalisasi
perlahan-lahan menggerus kearifan local
dalam masyarakat,akibatnya muncul berbagai permasalahan social bagi
masyarakat baik ditingkat global maupun local.
Contoh, berkembangnya budaya
popular mendorong masyarakat enggan
melestarikan kesenian local dll
Adapun cirri-ciri Kearifan Lokal sebagai solusi
dalam dalam menghadapi globalisasi
sebagai berikut :
1. Mampu
bertahan terhadap budaya luar
2. Memilki
kemampuan mengakomodasi unsure-unsur budaya luar
3. Memilki
kemapuan mengintegrasikan unsure budaya
luar dalam budaya asli
4. Mempunyai
kemapuan mengendalikan
5. Mampu
member arah pada perkembangan budaya
Kearifan Lokal perlu dijaga
dengan cara diterapkan dan diwariskan
pada generasi berikutnya,Melalui kearifan local,bangsa Indonesia tidak
akan keholangan jati diri
Review
Agar lebih
memahami materi tentang kearifan local
ditengah pengaruh globalisasi sebaiknya
siswa melakukan review dengan menjawab pertanyaan berikut !
1. Ceritakan
salah satu kearifan local didaerah anda dan upaya pelestariannya
2. Set masyarakat memilki kearifan local berbeda,jelaskan factor penyebab
perbedaan kearifan local tersebut
3. Uraikan tiga
contoh kearifan local yang mengandung
unsure keterampilan local!
4. Mengapa
kearifan local dapat dipandang identitas bangsa
5. Salah satu
fungsi kearifan local adalah sebagai konserfasi dan pelestarian sumber daya alam.Jelaskan makna dari fungsi
tersebut.
B.
Strategi Pemberdayaan Komunitas di Tengah Pengaruh Globalisasi
Globalisasi menimbulkan berbagai dampak dalam
kehidupan masayarakat ,salah satu dampak
globalisasi berupa Ketimpangan social.
Pada pembahasan subbab ini,anda akan diajak menganalisis strategi pemberdayaan komunitas ditengah pengaruh globalisasi,terutama berkaitan dengan,Ketimpangan Sosial
Analisis
Pemecahan Masalah
Sampah di Indonesia saat ini belum
dikelolah dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat,padahal,apabila dikelolah
dengan baik maka sampah dapat bermanfaat bagi masayarakat.Dikota Balik Papan
terdapat Bank sampah terpadu yang
berlokasi di pasar pandan sari Balik Papan Barat. Bank sampah terpadu ini
berada diatas tanah seluas 200 meter terletak dibelakang pasar pandan
sari. Bank sampah ini mengandalkan masyarakat sekitar sebagai pengelolahnya
layaknya Bank konvensional,Bank sampah ini memilki kartu tabungan,sistim
transaksi sudah diterapkan dengan cara
sederhana sehingga penambahan saldo setiap nasabah bisa diperhitungkan dari
jenis sampah yang disetorkan ke Bank.
Seluruh sampah yang disetorkan keBank
sampah nantinya didaur ulang tergabtung jenis sampahnya.jumlah nasabah di
Bank sampah pasar Pandansari mecapai
puluhan orang yang sebagian besar merupakan pedagang dan masayarakat sekitar
pasar Pandan sari. Dengan adanya Bank sampah tersebut masyarakat margasari
semakin sadar akan kelestarian lingkungan dan semakin sadar bahwa sampah bisa memberikan manfaat
ekonomis bagi mayarakat bila dikelolah secara baik.
Berdasrkan
Artikel diatas,Jawablah Pertanyaan berikut!
1.
Coba temukan bentuk perberdayaan dalam artikel diatas!
2.
Menurut anda dapatkah bank sampah mengatasi ketimpangan social
ekonomi masyarakat?
Setelah melakukan kegiatan diatas anda dapat memperoleh
gambaran tentang strategi pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi ketimpangan
social.
Permasalahan Ketimpangan social
muncul akibat adanya perbedaan yang mencolok dalam masyarakat, untuk
mengatasi kondisi tersebut diperlukan pemberdayaan komunitas karena diharapkan
kemandirian masyarakat akan tumbuh sehingga mampu menghadapi setiap tantangan
,dampak ataupun peluang yang muncul ditengah pengaruh globalisasi.
1. MemahamiPrinsipPemberdayaan
Pengertianpemberdayaanmenurut
para ahli,
a. Adun
Nasrullah Jamaludin
Pemberdayaan
adalah bagian dari proses pembangunan yang memfokuskan perhatiannya pada semua
aspek yang prinsipil dari manusia dan lingkungannya yaitu mulai dari aspek
intelektual,aspek material, aspek fisik, sampai aspek managerial
b. OnnyS.Priono
dan Pranarka
Pemberdayaan
sebagai proses yang terencana dan
sistimatis yang dilakukan secara berkesinambungan baik bagi individu
maupun kolektif guna mengembangkan potensi dan kemapuan yang terdapat dalam
dirisendiri sehingga mampu melakukan transformasi social.
c. Muhtar
Mas’oed
Pemberdayaan
merupakan upaya memberikan daya atau penguatan kepada masyarakat
Berdasarkan
Pendapat para ahli ,dapat disimpulkan bahwa:
Pemberdayaan
merupakan upaya memberikan kesempatan kepada kelompok masyarakat dengan
melakukan tindakan perbaikan guna meningkatkan kesejahteraan hidup.
MenurutGinanjarKartasasmita,terdapattigaupaya
yangdapatdilakukandalampelaksanaanpemberdayaan.
a. Menciptakansuasanaatauiklim
yang memungkinkanpotensimasayarakatdapatselaluberkembang.
Artinya:
Pemberdayaanmenggalipotensimasyarakatuntukdikembangkan.
b. Memperkuat
potensi daya yang dimilki masyarakat dengan menerapkanl
angkah-langkahnyata,,menyediakan lingkungan,prasarana, dan sarana fisik serta
social. Agar masayarakat lebih berkembang.
c. Melindungi
dan membela kepentingan masyarakat lemah untuk mencegah persaingan dan
eksploitasi.
Artinya ,pemberdayaan
membantu proses advokasi dan memberikan perlindungan kepada masyarakat
Program pemberdayaan komunitas dapat mencapai tujuan
apabila memperhatikan prinsip-prinsip Pemberdayaan Komunitas sebagai berikut:
a. Kesetaraan
b. Partisipatif
Masyarakat
diberikan kebebasan memilih dan merumuskan kebutuhan dalam proses pemberdayaan
c. Keswadayaan
Misalnya,
dengan memaksimalkan pengetahuan local dan sumberdaya alam yang dimilki
masayarakat.(memberikan bibit bukan memberikan nasi/padi)
d. Berkelanjutan
Artinya,meskipun
proses pemberdayaan selesai, program pemberdayaan dapat dilanjutkan dan
dikelolah masyarakat secara mandiri.
2. InisiatorPemberdayaanKomunitas
a. Pemerintah
Contoh
,ProgramKredit Usaha Rakyat (KUR) KUR
program pemerintah yang bekerjasamadengan Bank
nasionalsebagaisaranamendapatkankredit ,Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ) dan Koperasi
b. Swasta
Contohperusahanswasta
dan LSM
c. Masyarakat
Contoh,
pemberdayaanibu-ibu PKK melaluipelatihan – pelatihan yang
diharapkandapatmembantuperekonomiankeluarga.
3. Startegi Pelaksanaan
Pemberdayaan Komunitas
Startegi
yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan pemberdayaan komunitas sebagaiberikut.
a. Mempertimbangkan
potensi masyarakat
b. Meberikan
pendampingan secara berkelompok
c. Memberikan
pelatihan khusus
d. Mengangkat
kearifan local
e. Memberikan bantuan sarana
f.
Melaksanakan pemberdayaan secara bertahap
4. Proses pelaksanaan pemberdayaan
Proses
pelaksanaan pemberdayan secara garis besar meliputi tiga tahap yaitu :Perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi
Perhatikantabelberikutposespelaksanaanpemberdayaanberikut!
Tahap I |
Perencanaan |
1.
Sosiialisasiawal 2.
Mengenalimasyarakat 3.
Pemetaanswadaya |
Tahap II |
Implementasi(pelaksanaan) |
1.
Pengorganisasianmasyarakat 2.
Penyusunanperencanaan
program 3.
Pelaksanaankegiatan 4.
Pemanfaatan
dan pemeliharaan |
Tahap III |
Evaluasi |
1.
Evaluasi 2.
Terminasi |
a. Perencanaan
Kegiatan pemberdayaan dapat berhasil dengan baik apabila dilakukan
sesuai perencanaan. Pada tahap perencanaan pihak pemberdaya dapat menerapkan
metode PRA atau participatori
Rural Appraisal. PRA Pada dasarnya merupakan metode penelitian
atau kajian untuk menggalipotensi dan permasalahan dalam masyarakat.Kajian ini
dimaksut untuk mengumpulkan dan
menganalisis beerbagai kondisi ,potensi, dan permasalahan masyarakat serta
merumuskan alternative pengembangan dan
solusi permasalahan.
Adapunkegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam tahapan perencanaan
sebagaiberikut,
1. Sosialisasi
awal
Pemberdayaan
atau pelaksanaan pemberdayaan terlebih dahulu menjelaskan maksut dan tujuan
kegiatan pemberdayaan terhadap komunitas atau masyarakat yang akan
diberdayakan. Inisiator menyampaikan gambaran umum tentang program pemberdayaan . Dalam tahap ini
inisiator belum dapat menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan .
2. Mengenali
masyarakat
Inisiator dan masyarakat sama-sama melakukan penelitian terhadap realitas kehidupanmasayarakt. Proses penelitian bertujuan mengenali masayarakat lebih jauh ,memetakan kelebihan dan kekurangan masyarakat serta memahami kearifan local masyarakat.
3. Pemetaan
swadaya
Inisiator
perlu memetakan swadaya yang dimilki masyarakat, swadaya biasanya terkait
proses pemenuhan kebutuhan pokok mayarakat, pemetaan tersebut dilakukan dengan
mensurvei realitas lingkungan dan kehidupan komunitas, oleh karena itu
diperlukan pemetaan swadaya agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.
b. Pelaksanaan
Pemberdayaan
komunitas merupakan salah satu upaya
mengsukseskan program pembangunan
.komunitas perlu diikutsertakan dalam perencanaan program pemberdayaan karena
memliki pengetahuan mengenai potensi sumber daya local yang dapat
dikembangkan,selain
itu komunitas dapat berperan mengajak
masyarakat melaksanakan pemberdayaan,misalnya, suatu masyarakat memilki
program musayawarah sebulan
sekali.inisiator dapat memanfaatkan kegiatant ersebutuntukmensosialisasikan
program pemberdayaan.
Tahap
pelaksanaan atau tahap kapasitas biasanya dilakukan melalui metode
pendampingangan,memfasilitasi program pemberdayaan.
Adapunkegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam tahapan pelaksanaan
sebagaiberikut :
1. Pengorganisasian
masayarakat
Inisiator
melakukan pertemuan dengan anggota
komunitas dengananggota komunitas untuk melakukan penyuluhan dan memotivasi komunitas sebagai bagian dari pelaksan program
pemberdayaan,selanjutnyainisiatormembentuk kepengurusan program
pemberdayaan
2. Penyusunan
perencanaan
Penyusunan
perencanaan dilakukan stelahkomunitassepakat
dan berkomitmen melakukan pemberdayaan
dan sama-sama inisiator merumus kanpember dayaan
3. Pelaksanaankegiatan
Masayarakat melakukan
kegiatan pemberdayaan berdasarkaperencanaan
yang telahdibuat,selanjutnyainisiatorikutsertamelakukanpendampingan dan
memberikanarahanmengenaikebutuhan yang
diperlukanmasayarakatdalammerealisasikan
program pemberdayaan .
4. Pemanfaatanataupemeliharaan
Insitormalakukanpendampingan Bersama masyarakatdalampemanfaatan dan pemeliharaanhasilrealisasi program pemberdayaan.
c. Evaluasi
Setiap program
kegiatanperludievaluasiuntukmengukurtingkatkeberhasilandalammencapaitujuan,begitupulakegiatanpemberdayaankomunitas.Prosesevalusidapatdilkaukan
Bersama .Jika program pemberdayaandirasaberhasil
,tahapberikutnyaadalahterminasi,yaitupengahiranseluruhkegiatantermasukpendampingansertapenyerahantugaspendampingankepadakomunitastersebut.dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa
program pemberdayaantelahsesuai dan
telahberdaya/mandiriuntukmampumeningkatkankesejahteraan.
TugasIndividu
no |
Nama Komunitas |
PeranKomunitas |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
Anda telah mempelajari materi
Tetang starategi pemberdayaan komunitas ditengah pengaruh
globalisasi ,sebaiknya anda melakukan review
dengan menjawab pertanyaan berikut:
1. Jelaskanperanpemberdayaankomunitasdalampembangunansebagaibentukantisipasidampak
negative globalisasi
2. Jelaskankelebihanpendampingansecaraberkelompokdalamstartegipelaksanaanpemberdayaankomunitas
3. Jelaskanperan
LSM dalampemberdayaankomunitasmenurutpemahamananda
4. Berikanduacontohpemberdayaan
oleh corporate social Responsibility(CSR) yang adadimediaapapun di
lingkungansekitaranda .
5. Mengapaupayapemberdayaankomunitasperludilakukandalam
proses pembangunan
C.
RAGAM PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MELALUI KEARIFAN LOKAL
Upayapemberdayaankomunitasmemerlukanpendekatantepatagar sesuaisasaran . salah satupendekatan yang
dapatdigunakanialahmelauipengembangankearifan local
,sebaiknyaandamengerjakankegiatanberikut!
KegiatanIndividu
AnalisisPemecahanMasalah
Kegiatan memelihara ikan dikeramba
dan kegitan orang menyeterum ikan disungai memilki tujuan yang samaya itu mendapatkan
ikan dalam jumlah yang banyak. Menurut anda ,cara mana yang lebih mengutamakan nilai-nilai
kearifan local, Jelaskanjawaban anda.
Kearaifan local merupakanbudayaaslimasayarakatIndonesia
,dengandemikianmasayarakatmengalamikemajuan
,tetapitidakmelupakannilai-nilaikebudayaanaslimasyarakat .
Sepertiapakahcontoh program permberdayaan yangmenggunakankearifan local sebagaiberikut
:
1.
Pemberdayaankomunitasdalammasyarakattradisional
AdapuncontohUpayapemberdayaankomunitasdalammasyarakattradisionalsebagaiberikut,
a. Pemberdayaan
kampung batik Taman Sari di Yogyakarta
Salah satu yang masihmengembangkantradisimembatikadalahYogyakarta,tepatnyadikampungtanam
sari beradadiwilayahkeraton Yogyakarta .
Pada masa lalu
batikditulismenggunakanalat yang bernamacanting ,kain
batik yang ditulismengguanakanalatinidinamakan batik tulis yang memerlukanwaktu
lama dan proses Panjang
untukitudibutuhkankesabaranadalam proses pembautannya.
Melauiperkembangantehnologiinforasi pada era
globalisasisatinidikampungtamansarisemakindikenalwiasatawandalam dan luarnegeri sebagai salah satusentra batik.
b. PemberdayaanPetaniBakumpai
di Kabupaten Barito Kuala
Salah satuhalmenarikdalamtradisi Bertani
petaniBakumpaiadalahtradisi Bertani petanibakumpul adalah
pemilihanlokasipertanian dan
sistimpenanaman pada lahanpasangsurut yang disebut tana
.yaitupetanimemilkilahan-lahanpotensial yang
adadipinggirsungaiuntukdijadikalahanpertanianuntukmempermudahsisitimpengairan
pada lahanpertanianya,
c. PemberdayaanPetaniTambakPesisir
PantaiLestari Indra Mayu
Tanamanbakauataumangrove
merupakanjenistanaman yang hidupdipesisiratauperairan .mangrove
memilkibanyakmanfaatmulaidariakarhinggabuahnya . akantetapi
,berkembangnyapetanitambakmenyebabkanpembukaanhutan mangrove rusak. Petanimenebangmangrove untukdijadikan area tambakbaru.
BentukPemberdayaan
yangdilakukan oleh Lembaga
swastauntukmengatasaihutan mangrove yang rusaksebagaiberikut.
1. Bersama
mayarakatmelakukanedukasipenanamankembalihutanmangrove dilahankritis dan disekitartambak
2. Mengamankanataumembebaskanlahan-lahankritismenjadi Kawasan perlidungan mangrove
3. Memberdayakanmasyarakatdenganmemanfaatkanhasiltanaman mangrove
untukmeningkatkankesejahteraan ,misalnyamembuatprodukoalahanturunan
mangrove sepertikecap,sirup,dodol, dan
pakanikan
d. PemberdayaanSuku
Bajo
Salah satu lokasi tempat tinggal suku bajo adalah dipesisir
pantai. Masyarakat suku bajo mempercayai bahwa gugusan karang merupakan tempat
bersemayam arwah para leluhur, olehka rena itu mereka melarang mencemari laut
dengan sampah.
Salah satu keraifan local yang masih berkembang dalam masyaraka tsuku
bajo yaitu larangan membuang sampah diperairan laut seperti air cuian taripang,arang
kayu atau abu dapur,punting rokok serta larangan mencuci alat memasak diperairan
laut.
e. PemberdayanMasyarakat
Kampung Naga
f.
PemberdayaanmasayarakatadatDeponseru Utara
g. PemberdayaanmasayarakatBaduy
h. PemberdayaanmasyarakatRawalebak
i.
PemberdayaansukuLaut
2.
PemberdayaanKomunitasDalam Masyarakat Modern
Masayarakat
modern merupakan masayarakat yang beradap tasi berbagai perubahan baik ilmu pengetahauan,tehnologi,politik,social,
dan budaya. Contoh,masyarakat modern adalah, masyarakat yang tinggal diperkotaan.selama
ini banyak orang yang beranggapan bahwa masayarakat kota merupaka nmasyarakat maju
baik dalam perekonomian maupun gaya hidup.Benarkah?
Pernakah anda
mendengar masyarakat Kawasan kumuh ,anakjalanan,para tuna wisma,hingga masyarakat
miskin pinggiran kota.mereka adalah merupakan contohkomunitas atau kelompok masyarakat
yang perlu mendapatkan pemberdayan agar
dapat bertahan dan melawan modernitas kota. Istilah yang dipakai untuk menyebutkan
kelompok ini adalah Kelompok Marginal(terpinggirkan
a.
Komunitas 1001 Buku
Komunitas 1001 Bukumerupkankelompokpemudarelawan dan
pengelolahperpustakaananak.Komunitas 1001
bukumerupakanorganisasinirlaba,sebuahjaringanrelawan dan
pengelolaantamanbacananak.Latarbelakangpembentukankomunitasinimunculdarikeprihatinanataskurangnyaketersediaanaksesataubahanbacaanbagianak-anak
Indonesia
b.
IlmuBerbagi foundation
Ilmubarbagiadalahorganisasi non profilberbasisikomunitasdengan
program berbagi dan pelayananberkelanjutandibidang social Pendidikan dan
peradabanmasyarakat Indonesia .
terdapatempatpilarkomitmendasarkomunitasilmubebagiyakni
,Berbagiuntukpengembangankarakter,pengetahuan,keahlian dan kemandirian yang dijabarkanlebihlanjutdalamvisi,misi dan
target capaianorganisasi
c.
KomunitasJendela
KomunitasjendelabergerakdibidangPendidikan anak,khususnyauntukmeningkatkanminatbacaanak-anak,meskipundemikian
,kegiatankomunitasinitidakterbatasperpustakan .Basis
komunitasjendelaberadadikota Yogyakarta dan Jakarta.
d.
Save street child
Merupakan komunitas yang berupaya menjadi wadah penggerak peduli terhadap permasalahanan jalanan.Kegiatankomunitas ini antara lain kampanye kepeduli tentang anak jalanan(berusaha memanusiakan anak jalanan)
degan program kegiatan pemberdayaan melalui Pendidikan
LATIHAN
A. Kerjakan soal-soal
berikut
1.
local wisdom merupakan padanan kata dari local yang berarti local
dan wisdom yang berarti kearifan.Suatu pengetahuan disebut kearifanapabila…
a. dikaitkan dengan mitos
dan berbagai kebiasaan
yang berkaitan dengan hal-hal ghoib
b. diciptakan secara bijak melalui pembacaan gejala alam
dan social
c. dikaitkan dengan
ritual-ritual kepercayaan dalam masyarakat
d. dihormati sebagai peninggalan nenek moyang
e. diketahui
dan diamalkan oleh generasi tua saja
2.
suatu kearifan local dapat dikatakan mengandung nilai local apabila ….
a. Memuat aturan-aturan berupa,larangan himbauan
dan sanksi bagi anggota masayarakat
b. Memuat masyarakat mengenai sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan
c. Memliki kaitan terhadap kepercayaan masyarakat terhadap unsur-unsur spiritualis
d. Memilkilandasanberupaanggapanbaikataupunburuk
oleh masyarakat
e. Mendorong masyarakat menciptakan sesuatu
demi mencukupi kebutuhan
3.
Masyarakat
bali menggunakan sistim subak untuk mengatasi lahan pertanian yang miring,keadaan ini menunjukan kearifan local
dalam suatu masyarakat memilki kedudukan sebagai ….
a. Aturan yang
bersifatfleksibel
b. Aturan yang
wajibdipatuhisemuawarga
c. Solusikreatifbagimasayarakatdalammenghadapimasalah
d. Pedomanhidup
yang menyebabkanmayarakatmenjaditerbelakang
e. Pengetahuanmasayarakat
yang bersifattradisional
4 Dalampelaksanaanpemberdayaankomunitas,Inisitormelakukanstrategipendampingansecaraberkelompok,tindakantersebutbertujuan
…
a. Memudahkan pemetaan potensi swadaya masayarakat
b. Menggali kearifan
local yang terdapat dalam masayarakat
c. Mengefektifkan waktu pendampingan terhadap masayarakat
d. Mengakomaodasi permintaan masyarakat yang diberdayakan
e. Memudah kandalam melakan terminasi
program pemberdayaan
5.
Masyarakat
suku baduy dikenal memegang teguh adat istiadat,keadan initerlihat dari penolakan suku baduy menggunakan peralatan
modern .hal ini mengindikasi bahwa ,….
a. Masayarakat baduy berada
di daerah yang terisolir
b. Masayarakat baduy tergantung
pada alam sekitarnya
c. Peralatan
modern menimbulkan kerusakan lingkungan adat
d. Masayarakat baduy tidak
bias mengguanakan peralatan modern
e. Peralatan modern bertentangan denagan adat
istiadat masayarakat baduy
B. Mari
kerjakansoal-soalberikut.
1.
Bagaimanakah terbentuknya proses kearifan local?
Jelaskan secara singkat
2.
Mengapa pihak swasta berkewajiban ikut serta dalam upaya pemberdayaan komunitas?
3.
Perhatikan Wacana berikut
4. Mengapa program pemberdayaan berusaha
melakukan penguatan bagi komunitas?
5. Program-program pemberdayaan komunitas yang dijalankan inisiator diharapkan berkelanjutan . Mengapa demikian?
Refleksi
Melalui pemberdayaan komunitas
local yang berpegang pada nilai– nilai keariafan local, masayarakat Indonesia
dapat meningkatkan kesejahteraan ,mengikuti perubahan zaman tanpa keluar dari koridor kebudayaan . Selain
itu dengan mengangkat kearifanl ocal bangsa
Indonesia tidak akan kehilangan jati diri ditengah gempuran budaya global. Unsur budaya bernilai positif perlu diserap
untuk meningkatkan kualitas budaya bangsa Indonesia. Adapun nilai budaya berbau
negative harus ditolak dengan tegas . dengan demikian nilail uhur yang menjadi ciri khas budaya Indonesia tetap
terpelihara.
Tidak ada komentar