Header Ads

ads header

Breaking News

STRATEGI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MATERI SEMESTER GENAP XII IPS

 

STRATEGI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS

PETA KONSEP

A.      KOMUNITAS DAN KEARIFAN LOKAL

Pada umumnya kearifan local berkembang dalam sebuah komunitas,sebagai langkah awal pembelajaran mengenai komunitasdan kearifan local ,kerjakan kegiatan berikut.

 

Kegiatan Individu

                                                                          

1.     Komunitas

Komunitas adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat,sebagai contoh,Paguyuban sepeda ontel,odex ,di Klaten Jawa tengah dan mengapa disebut dengan komunitas karena memilki minat yang sama serta bertempat tinggal didaerah yang sama,Aspek  kesamaan lokalitas  menjadi factor utama terbentuknya komunitas  sedangkan  kesamaan lokalitas  antar anggota inilah  yang membedakan komunitas dengan kelompok social

Komunitas  merupakan kata serapan dari bahasa inggris,yaitu community yang diterjemahkan sebagai masyarakat setempat yang memiliki cakupan wilayah sama,anggota masyarakat  setempat memilki  jalinan interaksi kuat,selain itu dalam masyarakat setempat  terdapat kebudayaan yang sama  antar anggota.

Menurur Counyers, terdapat tiga criteria komunitas yaitu:

1.       Konsep komunitas memilki komponen-komponen fisik yang menggambarkan  adanya kleompok manusaia yang hidup didaerah tertentu dan saling berinteraksi

2.       Anggota- anggota komunitas pada umumnya  memilki beberapa cirri khas yang sama yang menyebabkan timbulnya identifikasi mereka sebagai sebua kelompok

3.       Suatu komunitas pada umumnya memilki keserasian dasar dalam hal perhatian dan aspirasi(soetomo:2013:82)

B.    Jenis – jenis komunitas

Masyarakat memilki aneka ragam komunitas,misalnya,adat,komunitas local,dan komunitas berdasrkan kesamaan minat.

Komunitas adat pada umumnya terbentuk dalam masyarakat yang memegang teguh nilai—nilai adat tertentu. Contoh,komunitas adat suku Baduy,suku Sasak,dan suku Dayak.sementara itu , Komunitas local  menacakup masyarakat yang bermukim atau mencari nafkah diwilayah tertentu,misalnya komunitas  local disekitar pabrik,kantor,desa atau kota tertentu.sedangkan  ,

Komunitas berdasrkan kesamaan  minat misalnya,komunitas pencinta sepeda,komunitas pencinta hewan,dan komunitas pemerhati kelestarian hutan.

Komunitas  dalam masyarakat modern memiliki kelembagaan social yang lebih kompleks dibanding  komunitas  masayarakat tradisional .

Komunitas modern didorong oleh perkembangan tehnologi dan ilmu pengetahuan sehingga lebih muda berinteraksi dan lebih muda melakukan mobilitas social,sehingga komunitas  masyarakat kota lebih luas disbanding dengan komunitas masayarakat desa .

C.     Kekuatan pengikat komunitas    

Komunitas  pada umumnya bersifat horizontal karena dibentu oleh beberapa individu dengan kedudukan yang setara. Yang menjadi kekuatan pengikat  suatu komunitas adalah kepentingan bersama dalam memenuhi  kebutuhan  kehidupan social  yang berdasrkan atas kesamaan latar belakang budaya, idiologi, dan social ekonomi

Sosio info

Perbedaan masyarakat dan komunitas

Masyarakat merupakan kumpulan besar individu yang memilki kesadaran akan  keanggotaannya dan saling berinteraksi,sedangkan komunitas merupakan  kumpulan individu dalam suatu wilayah yang membentuk kelompok social.

Kedua devinisi tersebut menunjukan bahwa,masyarakat memilki cakupan lebih luas dibandingkan dengan komunitas.Anggota komunitas memilki kesamaan wilayah sehingga memungkinkan mereka berinteraksi melalui tatap muka yang dilakukan secara intensif.

 

D.    Unsure-unsur Komunitas

Anggota komuninas relative berdekatan tempat tinggal sehingga mendorong setiap anggota  menjalin hubungan erat  sehingga memben tuk solidaritas kuat dan saling membutuhkan antar anggota.sebagai analogi,semakin sering anda menggunakan telefon seluler,semakin besar ketergantungan anda  terhadap fungsi telefon tersebut,demikian juga semakin kuat  ikatan antar anggota semakin pula ketergantungan antar anggota dalam sebuah komunitas sehingga menimbulkan perasaan saling melindungi dan menjaga eksistensi  komunitas(Perasaan komunitas)

Menurut Soerjono Soekanto,(2012:134)bahwa unsure—unsur perasaan komunitas sebagai berikut.

1.   Seperasaan

Unsure seperasaan timbul akibat seseorang berusaha mengidentifikasikan  dirinya dengan sebanyak mungkin orang dalam komunitas.Keadaan tersebut menyebabkan munculnya kedekatan antar anggota komunitas. Factor kedekatan menyebabkan setiap anggota memilki keinginan mewujudkan tujuan bersam dalam komunitas,anggota  komunitas akan menyebutkan dirinya sebagai “kelompok kami”perasaan kami” dan “anggota kami” penggunaan kata kami menujukan adanya kesamaan perasaan ,sebagai contoh”komunitas pencinta sepak bola”

 

2.   Sepenaggungan

Sikap sepenaggungan dalam komunitas menujukan setiap anggota kelompok menyadari peran masing-masing.tujuan komunitas  menjadi tanggung jawab semua anggota .Contoh,komunitas pelajar Indonesia  yang sedang belajar diluar neferi

3.   Saling memerlukan

Komunitas identik dengan kelompok orang dalam suatu wilayah sehingga menimbulkan rasa ketergantungan dalam memenuhi kebutuhan baik fisik maupun nonfisik,contoh kegiatan membangun rumah secara gotong royong 

2.     Kearifan local

Setiap komunitas dan mayarakat memilki ciri khas masing-masing antara lain,adat istiadat,tradisi, dan kebiasaan yang membedakannya dengan komunitas dan masyarakat lain.(coba sebutkan secara lisan cirri khas daerah anda )

A.      Pengertian Kearifan local

Adat istiadat,tradisi, dan kebiasaan berkembang berdasrkan nilai-nilai kearifan local masyarakat.

Sebagai langkah awal kearifan local kerjakan kegiatan berikut !

Kegiatan kelompok

                                                                                       Analisis wacana

Pada saat ini  membatik telah dikenal masyarakat dunia,banyak wisatawan asing  tertarik mempelajarai seni batik.menurut pen dapat anda apakah seni membatik merupakan bentuk kearifan local?apa dampak globalisasi terhadap perkembangan batik di Indonesia?coba diskusikan pertanyaan tersebut bersam teman sebangku anda,selanjutnya  berikan pendapat dari kelompok anda  mengenai upaya melestarikan seni batik secara kreatif.

Kearifan local beasal dari dua kata yaitu,kearifan(wisdom)dan local(local). Dalam kamus inggri-indonesia  local berarti seiempatsedangkan wisdom(kearifan)diartikan sama dengan  kebijaksanaan sehingga secara umum dapat dipahami sebagai  gagasan—gagasan setempat (local) yang bersifat bijaksana,penuh kearifan,bernilai baik yang tertanam yang diikuti oleh anggota masyarakat.

Kearifan local menurut para ahli sebagai berikut.

1.       I Ketut Gobyah

Kearifan local adalahkebenaran yang telah mentradisi  atau ajeg dalam suatu daerah,perpaduan nilai tuhan dan nilai masyarakat dan menjadi pegangan hidup meskipun bernilai local,nilai yang terkandung dalam kearifan local bersifat universal(Mariane:2014:112)

2.       Sonny Keraf

Kearifan local adalah semua bentuk pengetahuan ,keyakinan,pemaham ,wawasan serta adat  kebiasaan atau etika yang yang menuntun  perilaku manusia dan  kehidupan dalam komunitas ekologi(Keraf:2010:369)

3.       Roikhwanphut

4.       Keraifan local dapat diartikan sebagai pengetahuan dasar yang diperoleh dari keseimbangn hidup dengan alam,hal ini terkait dengan  kebudayaan masyarakat yang terakumulasi secara terus menerus(Mungmaehon :2012:174-181)

Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa,Keatifan local merupakan gagasan-gagasan local yang dimilki oleh masyarakatatupun komunitas secara turun-temurun dan masih dipertahankan oleh suatu kelompok masyarakat

B.      Proses terbentuknya kearifan local 

Keraifan local merupakan sebuah ilmu pengetahuan , yang diketaui oleh masyarakat local terkait alam dan kondisi geografis lingkungannya. Kearifan local sengaja diciptakan  atau dibentuk demi tujuan tertentu.

Tujuan utama masyarakat menciptakan Kearifan local adalah, sebagai pemecahan masalah yang dihadapi dalam kehidupannya sehari-hari. Kearifan local  terbentuk dari pengetahuan-pengetahuan local terkait fenomena alam dan social yang bisa jadi bersifat subjek atau kesepakatan suatu kelompok masyarakat.

 

Kearifan local tidak hanya terdapat pada masayarakat tradisional,masyarakat modern juga dapat menciptakan kearifan local berkaitan alam dan lingkungan.

Perhatikan gambar!

 Pada gambar tampak tempat sampah  yang terbagi dalam dua kategori yaitu organic dan non organic. Kebiasaan membuang sampah dengan memilah terlebih dahulu merupakan bentuk kearifan local masyarakat modern,bahkan kebiasaan tersebut menjadi  kerifan global karean akan diikuti oleh daerah lain atau Negara lain  yang mengalami masalah sama.

Tujuan  awal dari pemisahan sampah adalah memudahkan proses daur ulang sehingga mampu mengurangi penumpukan sampah ditempat pembuangan ahir (TPA)

C.        Unsure-unsur kearifan local

Konsep kearifan local  meliputi berbagai dimensi,menurut Irene Mariane(113:2014) kearifan local meliputi wilayah teologis atau dalam idiologi pragmatis atau berkaitan dengan pemanfanfaatan dan tehnik atau cara

Artinya ,kearifan local meliputi nilai,norma,etika,kepercayaan,kebiasaan, hingga aturan-aturan khusu dalam masyarakat.

Adapun secara rinci unsure – unsure kearifan local sebagi berikut :

1.       Pengetahuan local

Contoh, musim tanam berdasrkan rasi bintang dll

2.       Nilai local

Contoh ,nilai-nilai lokalitas yang terkandung dalam bahasa,bahasa merupakan wujud kearifan local kaerena dalam bahasa terkandung tradisi,nilai dan kebiasaan, suatu masyarakat pada daerah tertentu.

Misalnya,berbicara dengan orang yang lebih tua,berdoa, atau berbicara  pada pemuka agama, atau contoh lain pada masayarakat bali memilki tiga tingkatan dalam bahasa,yaiitu,bali alus,bali madya,bali kasar.

3.       Ketrampilan local

Kearifan local juga mengandung  kemampuan masayarakat dalam mengelolah lingkungan rohani dan jasmaninya.

Artinya, masyarakat memilki aktivitas-aktivitas  yang di8lakukan demi menunjang kehidupannya,sesuai dengan kondisi lingkungan alamnya. Contoh,berburu,meramu,bercocok tanam sampai membuat peralatan rumah tangga.

4.       Kepercayaan local

Kepercayaan local berkaitan dengan pemahaman religiusitas mayarakat local.hal ini disebut kepercayaan local karena kepercayaan tersebut hanya  dipeluk oleh suku atau mayarakat setempat

Contoh, kepercayaan keharingan pada masyarakat dayak,aluk tolodo pada masayarakat jawa dll

5.       Hukum local

Hukum local adalah hukum yang hanya berlaku disuatu daerah dan dijunjung tinggi oleh kelompok masayarakat setempat(hukum adat/hukum tidak tertulis)

Contoh ,larangan memasuki hutan keramat dll

d.      Fungsi Keraifan Lokal

Adapun fungsi umum Kearifan local sebagai berikut :

1.       Sebagai konservasi dan pelestarian  sumber daya alam( agar kehidupan masyarakatnya tidak terganggu)

2.       Sebagai pengemban gan sumber daya manusia

Contoh, Adanya kedaran untuk selalu hidup bersama dalam memenuhi setiap aktivitas(gotong royong)

3.       Sebagai pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan

4.       Sebagai petuah,kepercayaan dan pantangan(menjaga  pola prilaku anggota masyarakat lain)

e.      Kearifan Lokal  Cerminan Budaya Bangsa

Contoh, gotong royong merupakan bentuk kearifan local  yang dimilki bansa Indonesia

f.        Kearifan local dan Pengaruh Globalisasi

Globalisasi berkaitan dengan modernisasi,menurut Anhoni giddens bahwa, Kehidupan modern ibarat sebuah kenderaan yang berjalan cepatsaat dapat dikendalikan,tetapi juga terancam lepas kendali..

Artinya, kehidupan modern sangat dinamis tidak hanya mengikuti alur tunggal.Modernisasi  memilki kekuasaan untuk  bergerak sendiri sehingga  tidak memberikan kesempatan bagi  manusia untuk beristerahat,menyesuaikan diri,ataupun mengontrol perubahan..Globalisasi  membawa pengaruh besar  dalam kehidupan suatu bangsa  bahkan globalisasi perlahan-lahan menggerus kearifan local  dalam masyarakat,akibatnya muncul berbagai permasalahan social bagi masyarakat baik ditingkat global maupun local.

Contoh, berkembangnya budaya popular mendorong masyarakat enggan  melestarikan kesenian local dll

Adapun  cirri-ciri Kearifan Lokal sebagai solusi dalam  dalam menghadapi globalisasi sebagai berikut :

1.       Mampu bertahan terhadap budaya luar

2.       Memilki kemampuan mengakomodasi unsure-unsur budaya luar

3.       Memilki kemapuan mengintegrasikan  unsure budaya luar dalam budaya asli

4.       Mempunyai kemapuan mengendalikan

5.       Mampu member arah pada perkembangan budaya

Kearifan Lokal perlu dijaga dengan cara diterapkan dan diwariskan  pada generasi berikutnya,Melalui kearifan local,bangsa Indonesia tidak akan keholangan jati diri


       

Review

Agar lebih memahami  materi tentang kearifan local ditengah pengaruh globalisasi sebaiknya  siswa melakukan review dengan menjawab pertanyaan berikut !

1.      Ceritakan salah satu kearifan local didaerah anda dan upaya pelestariannya

2.      Set masyarakat memilki kearifan local berbeda,jelaskan factor penyebab perbedaan  kearifan local tersebut

3.      Uraikan tiga contoh kearifan local  yang mengandung unsure keterampilan local!

4.      Mengapa kearifan local dapat dipandang identitas bangsa

5.      Salah satu fungsi kearifan local adalah sebagai konserfasi dan pelestarian  sumber daya alam.Jelaskan makna dari fungsi tersebut.

B.      Strategi Pemberdayaan Komunitas di Tengah Pengaruh Globalisasi

Globalisasi  menimbulkan berbagai dampak dalam kehidupan  masayarakat ,salah satu dampak globalisasi berupa Ketimpangan social.

Pada pembahasan subbab ini,anda akan diajak menganalisis  strategi pemberdayaan  komunitas ditengah pengaruh globalisasi,terutama berkaitan dengan,Ketimpangan Sosial

Analisis Pemecahan Masalah

     Sampah di Indonesia saat ini belum dikelolah dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat,padahal,apabila dikelolah dengan baik maka sampah dapat bermanfaat bagi masayarakat.Dikota Balik Papan terdapat Bank sampah  terpadu yang berlokasi di pasar pandan sari Balik Papan Barat. Bank sampah  terpadu ini  berada diatas tanah seluas 200 meter terletak dibelakang pasar pandan sari. Bank sampah ini mengandalkan masyarakat sekitar sebagai pengelolahnya layaknya Bank konvensional,Bank sampah ini memilki kartu tabungan,sistim transaksi sudah diterapkan  dengan cara sederhana sehingga penambahan saldo setiap nasabah bisa diperhitungkan dari jenis sampah yang disetorkan ke Bank.

    Seluruh sampah yang disetorkan keBank sampah nantinya didaur ulang tergabtung jenis sampahnya.jumlah nasabah di Bank  sampah pasar Pandansari mecapai puluhan orang yang sebagian besar merupakan pedagang dan masayarakat sekitar pasar Pandan sari. Dengan adanya Bank sampah tersebut masyarakat margasari semakin sadar akan kelestarian lingkungan dan semakin  sadar bahwa sampah bisa memberikan manfaat ekonomis bagi mayarakat bila dikelolah secara baik.

Berdasrkan Artikel diatas,Jawablah Pertanyaan berikut!

1.      Coba temukan bentuk perberdayaan dalam artikel diatas!

2.      Menurut anda dapatkah bank sampah mengatasi ketimpangan social ekonomi masyarakat?

Setelah melakukan kegiatan diatas anda dapat memperoleh gambaran tentang strategi pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi ketimpangan social.

Permasalahan Ketimpangan social  muncul akibat adanya perbedaan yang mencolok dalam masyarakat, untuk mengatasi kondisi tersebut diperlukan pemberdayaan komunitas karena diharapkan kemandirian masyarakat akan tumbuh sehingga mampu menghadapi setiap tantangan ,dampak ataupun peluang yang muncul ditengah pengaruh globalisasi.

1.     MemahamiPrinsipPemberdayaan

Pengertianpemberdayaanmenurut para ahli,

a.       Adun Nasrullah Jamaludin

Pemberdayaan adalah bagian dari proses pembangunan yang memfokuskan perhatiannya pada semua aspek yang prinsipil dari manusia dan lingkungannya yaitu mulai dari aspek intelektual,aspek material, aspek fisik, sampai aspek managerial

b.      OnnyS.Priono dan Pranarka

Pemberdayaan sebagai proses yang terencana dan  sistimatis yang dilakukan secara berkesinambungan baik bagi individu maupun kolektif guna mengembangkan potensi dan kemapuan yang terdapat dalam dirisendiri sehingga mampu melakukan transformasi social.

c.       Muhtar Mas’oed

Pemberdayaan merupakan upaya memberikan daya atau penguatan kepada masyarakat

Berdasarkan Pendapat para ahli ,dapat disimpulkan bahwa:

Pemberdayaan merupakan upaya memberikan kesempatan kepada kelompok masyarakat dengan melakukan tindakan perbaikan guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

MenurutGinanjarKartasasmita,terdapattigaupaya  yangdapatdilakukandalampelaksanaanpemberdayaan.

a.      Menciptakansuasanaatauiklim yang memungkinkanpotensimasayarakatdapatselaluberkembang.

Artinya: Pemberdayaanmenggalipotensimasyarakatuntukdikembangkan.

b.      Memperkuat potensi daya yang dimilki masyarakat dengan menerapkanl angkah-langkahnyata,,menyediakan lingkungan,prasarana, dan sarana fisik serta social. Agar masayarakat lebih berkembang.

c.       Melindungi dan membela kepentingan masyarakat lemah untuk mencegah persaingan dan eksploitasi.

Artinya ,pemberdayaan membantu proses advokasi dan memberikan perlindungan kepada masyarakat

Program  pemberdayaan komunitas dapat mencapai tujuan apabila memperhatikan prinsip-prinsip Pemberdayaan Komunitas sebagai berikut:

a.       Kesetaraan

b.      Partisipatif

Masyarakat diberikan kebebasan memilih dan merumuskan kebutuhan dalam proses pemberdayaan

c.       Keswadayaan

Misalnya, dengan memaksimalkan pengetahuan local dan sumberdaya alam yang dimilki masayarakat.(memberikan bibit bukan memberikan nasi/padi)

d.      Berkelanjutan

Artinya,meskipun proses pemberdayaan selesai, program pemberdayaan dapat dilanjutkan dan dikelolah masyarakat secara mandiri.

2.     InisiatorPemberdayaanKomunitas

a.       Pemerintah

Contoh ,ProgramKredit Usaha Rakyat (KUR)  KUR program pemerintah yang bekerjasamadengan Bank nasionalsebagaisaranamendapatkankredit ,Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM ) dan Koperasi

b.      Swasta

Contohperusahanswasta dan LSM

c.       Masyarakat

Contoh, pemberdayaanibu-ibu PKK melaluipelatihan – pelatihan yang diharapkandapatmembantuperekonomiankeluarga.

3.     Startegi Pelaksanaan Pemberdayaan Komunitas

Startegi yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan pemberdayaan komunitas sebagaiberikut.

a.       Mempertimbangkan potensi masyarakat

b.      Meberikan pendampingan secara berkelompok

c.       Memberikan pelatihan khusus

d.      Mengangkat kearifan local

e.       Memberikan  bantuan sarana

f.        Melaksanakan pemberdayaan secara bertahap

 

4.     Proses  pelaksanaan pemberdayaan

Proses pelaksanaan pemberdayan secara garis besar meliputi tiga tahap yaitu :Perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi

Perhatikantabelberikutposespelaksanaanpemberdayaanberikut!

Tahap I

Perencanaan

1.    Sosiialisasiawal

2.    Mengenalimasyarakat

3.    Pemetaanswadaya

Tahap II

Implementasi(pelaksanaan)

1.    Pengorganisasianmasyarakat

2.    Penyusunanperencanaan program

3.    Pelaksanaankegiatan

4.    Pemanfaatan dan pemeliharaan

Tahap III

Evaluasi

1.    Evaluasi

2.    Terminasi

 

 

a.      Perencanaan

Kegiatan pemberdayaan dapat berhasil dengan baik apabila dilakukan sesuai perencanaan. Pada tahap perencanaan pihak pemberdaya dapat menerapkan metode PRA atau participatori

Rural Appraisal. PRA Pada dasarnya merupakan metode penelitian atau kajian untuk menggalipotensi dan permasalahan dalam masyarakat.Kajian ini dimaksut untuk mengumpulkan  dan menganalisis beerbagai kondisi ,potensi, dan permasalahan masyarakat serta merumuskan alternative  pengembangan dan solusi permasalahan.

Adapunkegiatan-kegiatan  yang dilakukan dalam tahapan perencanaan sebagaiberikut,

1.     Sosialisasi awal

Pemberdayaan atau pelaksanaan pemberdayaan terlebih dahulu menjelaskan maksut dan tujuan kegiatan pemberdayaan terhadap komunitas atau masyarakat yang akan diberdayakan. Inisiator menyampaikan gambaran umum tentang  program pemberdayaan . Dalam tahap ini inisiator belum dapat menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan .

2.     Mengenali masyarakat

Inisiator dan masyarakat sama-sama melakukan penelitian terhadap realitas kehidupanmasayarakt. Proses penelitian bertujuan mengenali masayarakat lebih jauh ,memetakan kelebihan dan kekurangan masyarakat serta memahami kearifan local  masyarakat.

3.     Pemetaan swadaya

Inisiator perlu memetakan swadaya yang dimilki masyarakat, swadaya biasanya terkait proses pemenuhan kebutuhan pokok mayarakat, pemetaan tersebut dilakukan dengan mensurvei realitas lingkungan dan kehidupan komunitas, oleh karena itu diperlukan pemetaan swadaya agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.

b.     Pelaksanaan

Pemberdayaan komunitas merupakan  salah satu upaya mengsukseskan  program pembangunan .komunitas perlu diikutsertakan dalam perencanaan program pemberdayaan karena memliki pengetahuan mengenai potensi sumber daya local yang dapat

dikembangkan,selain itu komunitas dapat berperan mengajak   masyarakat melaksanakan pemberdayaan,misalnya, suatu masyarakat memilki program musayawarah        sebulan sekali.inisiator dapat memanfaatkan kegiatant ersebutuntukmensosialisasikan program pemberdayaan.

Tahap pelaksanaan atau tahap kapasitas biasanya dilakukan melalui metode pendampingangan,memfasilitasi program pemberdayaan.

Adapunkegiatan-kegiatan  yang dilakukan          dalam tahapan pelaksanaan sebagaiberikut :

1.     Pengorganisasian masayarakat

Inisiator melakukan pertemuan  dengan anggota komunitas dengananggota komunitas untuk melakukan penyuluhan  dan memotivasi komunitas sebagai    bagian dari pelaksan program pemberdayaan,selanjutnyainisiatormembentuk kepengurusan  program  pemberdayaan

2.     Penyusunan perencanaan

Penyusunan perencanaan dilakukan stelahkomunitassepakat  dan berkomitmen melakukan pemberdayaan  dan sama-sama inisiator merumus kanpember dayaan

3.      Pelaksanaankegiatan

Masayarakat melakukan kegiatan pemberdayaan berdasarkaperencanaan  yang telahdibuat,selanjutnyainisiatorikutsertamelakukanpendampingan dan memberikanarahanmengenaikebutuhan yang diperlukanmasayarakatdalammerealisasikan  program pemberdayaan .

4.      Pemanfaatanataupemeliharaan

Insitormalakukanpendampingan Bersama masyarakatdalampemanfaatan dan pemeliharaanhasilrealisasi program pemberdayaan.

c.       Evaluasi

Setiap program kegiatanperludievaluasiuntukmengukurtingkatkeberhasilandalammencapaitujuan,begitupulakegiatanpemberdayaankomunitas.Prosesevalusidapatdilkaukan Bersama .Jika program pemberdayaandirasaberhasil ,tahapberikutnyaadalahterminasi,yaitupengahiranseluruhkegiatantermasukpendampingansertapenyerahantugaspendampingankepadakomunitastersebut.dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa program pemberdayaantelahsesuai dan telahberdaya/mandiriuntukmampumeningkatkankesejahteraan.

TugasIndividu

no

Nama Komunitas

PeranKomunitas

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

 

Anda  telah  mempelajari materi

Tetang starategi pemberdayaan komunitas ditengah pengaruh globalisasi ,sebaiknya anda melakukan review  dengan menjawab pertanyaan berikut:

1.      Jelaskanperanpemberdayaankomunitasdalampembangunansebagaibentukantisipasidampak negative   globalisasi

2.      Jelaskankelebihanpendampingansecaraberkelompokdalamstartegipelaksanaanpemberdayaankomunitas

3.      Jelaskanperan LSM dalampemberdayaankomunitasmenurutpemahamananda

4.      Berikanduacontohpemberdayaan oleh corporate social Responsibility(CSR) yang adadimediaapapun di lingkungansekitaranda .

5.      Mengapaupayapemberdayaankomunitasperludilakukandalam proses pembangunan

C.    RAGAM PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MELALUI KEARIFAN LOKAL

Upayapemberdayaankomunitasmemerlukanpendekatantepatagar  sesuaisasaran . salah satupendekatan yang dapatdigunakanialahmelauipengembangankearifan local ,sebaiknyaandamengerjakankegiatanberikut!

KegiatanIndividu

AnalisisPemecahanMasalah

Kegiatan memelihara ikan dikeramba dan kegitan orang menyeterum ikan disungai memilki tujuan yang samaya itu mendapatkan ikan dalam jumlah yang banyak. Menurut anda ,cara mana yang lebih mengutamakan nilai-nilai kearifan local, Jelaskanjawaban anda.

Kearaifan local merupakanbudayaaslimasayarakatIndonesia ,dengandemikianmasayarakatmengalamikemajuan ,tetapitidakmelupakannilai-nilaikebudayaanaslimasyarakat .

Sepertiapakahcontoh program permberdayaan  yangmenggunakankearifan local sebagaiberikut :

1.     Pemberdayaankomunitasdalammasyarakattradisional

AdapuncontohUpayapemberdayaankomunitasdalammasyarakattradisionalsebagaiberikut,

a.      Pemberdayaan kampung batik Taman Sari di Yogyakarta

Salah satu yang masihmengembangkantradisimembatikadalahYogyakarta,tepatnyadikampungtanam sari beradadiwilayahkeraton  Yogyakarta . Pada masa lalu  batikditulismenggunakanalat yang bernamacanting ,kain batik yang ditulismengguanakanalatinidinamakan batik tulis yang memerlukanwaktu lama  dan proses Panjang untukitudibutuhkankesabaranadalam proses pembautannya. Melauiperkembangantehnologiinforasi pada era globalisasisatinidikampungtamansarisemakindikenalwiasatawandalam dan luarnegeri  sebagai salah satusentra batik.

b.     PemberdayaanPetaniBakumpai di Kabupaten Barito Kuala

Salah satuhalmenarikdalamtradisi Bertani petaniBakumpaiadalahtradisi Bertani petanibakumpul adalah pemilihanlokasipertanian  dan sistimpenanaman pada lahanpasangsurut yang disebut tana .yaitupetanimemilkilahan-lahanpotensial yang adadipinggirsungaiuntukdijadikalahanpertanianuntukmempermudahsisitimpengairan pada lahanpertanianya,

c.      PemberdayaanPetaniTambakPesisir PantaiLestari Indra Mayu

Tanamanbakauataumangrove  merupakanjenistanaman yang hidupdipesisiratauperairan .mangrove memilkibanyakmanfaatmulaidariakarhinggabuahnya . akantetapi ,berkembangnyapetanitambakmenyebabkanpembukaanhutan  mangrove rusak. Petanimenebangmangrove  untukdijadikan area tambakbaru.

BentukPemberdayaan  yangdilakukan oleh Lembaga  swastauntukmengatasaihutan mangrove yang rusaksebagaiberikut.

1.      Bersama mayarakatmelakukanedukasipenanamankembalihutanmangrove  dilahankritis dan disekitartambak

2.      Mengamankanataumembebaskanlahan-lahankritismenjadi  Kawasan perlidungan mangrove

3.      Memberdayakanmasyarakatdenganmemanfaatkanhasiltanaman  mangrove  untukmeningkatkankesejahteraan ,misalnyamembuatprodukoalahanturunan mangrove  sepertikecap,sirup,dodol, dan pakanikan

d.     PemberdayaanSuku Bajo

Salah satu lokasi tempat tinggal suku bajo adalah dipesisir pantai. Masyarakat suku bajo mempercayai bahwa gugusan karang merupakan tempat bersemayam arwah para leluhur, olehka rena itu mereka melarang mencemari laut dengan sampah.

Salah satu keraifan local yang masih berkembang dalam masyaraka tsuku bajo yaitu larangan membuang sampah diperairan laut seperti air cuian taripang,arang kayu atau abu dapur,punting rokok serta larangan mencuci alat memasak diperairan laut.

e.      PemberdayanMasyarakat Kampung Naga

f.        PemberdayaanmasayarakatadatDeponseru Utara

g.      PemberdayaanmasayarakatBaduy

h.     PemberdayaanmasyarakatRawalebak

i.        PemberdayaansukuLaut

2.     PemberdayaanKomunitasDalam Masyarakat Modern

Masayarakat modern merupakan masayarakat yang beradap tasi berbagai perubahan baik ilmu pengetahauan,tehnologi,politik,social, dan budaya. Contoh,masyarakat modern adalah, masyarakat yang tinggal diperkotaan.selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa masayarakat kota merupaka nmasyarakat maju baik dalam perekonomian maupun gaya hidup.Benarkah?

Pernakah anda mendengar masyarakat Kawasan kumuh ,anakjalanan,para tuna wisma,hingga masyarakat miskin pinggiran kota.mereka adalah merupakan contohkomunitas atau kelompok masyarakat yang perlu mendapatkan pemberdayan  agar dapat bertahan dan melawan modernitas kota. Istilah yang dipakai untuk menyebutkan kelompok ini adalah Kelompok Marginal(terpinggirkan

a.        Komunitas 1001 Buku

Komunitas 1001 Bukumerupkankelompokpemudarelawan dan pengelolahperpustakaananak.Komunitas 1001 bukumerupakanorganisasinirlaba,sebuahjaringanrelawan dan pengelolaantamanbacananak.Latarbelakangpembentukankomunitasinimunculdarikeprihatinanataskurangnyaketersediaanaksesataubahanbacaanbagianak-anak Indonesia

b.           IlmuBerbagi foundation

Ilmubarbagiadalahorganisasi non profilberbasisikomunitasdengan program berbagi dan pelayananberkelanjutandibidang social Pendidikan dan peradabanmasyarakat Indonesia . terdapatempatpilarkomitmendasarkomunitasilmubebagiyakni ,Berbagiuntukpengembangankarakter,pengetahuan,keahlian dan kemandirian  yang dijabarkanlebihlanjutdalamvisi,misi dan target capaianorganisasi

c.         KomunitasJendela

KomunitasjendelabergerakdibidangPendidikan anak,khususnyauntukmeningkatkanminatbacaanak-anak,meskipundemikian ,kegiatankomunitasinitidakterbatasperpustakan .Basis komunitasjendelaberadadikota Yogyakarta dan Jakarta.

d.        Save street child

Merupakan komunitas yang berupaya menjadi wadah penggerak peduli terhadap permasalahanan jalanan.Kegiatankomunitas ini antara lain kampanye kepeduli tentang anak jalanan(berusaha memanusiakan anak jalanan)

degan program kegiatan pemberdayaan melalui Pendidikan

LATIHAN  

A.    Kerjakan soal-soal berikut

1.     local wisdom merupakan padanan kata dari local yang berarti local dan wisdom yang berarti kearifan.Suatu pengetahuan disebut kearifanapabila…

a.      dikaitkan dengan mitos dan berbagai kebiasaan  yang berkaitan dengan hal-hal ghoib

b.     diciptakan secara bijak melalui pembacaan gejala alam dan social

c.      dikaitkan dengan ritual-ritual kepercayaan dalam masyarakat

d.     dihormati sebagai peninggalan nenek moyang

e.      diketahui dan diamalkan  oleh generasi tua saja

2.     suatu kearifan local dapat dikatakan mengandung nilai local apabila ….

a.      Memuat aturan-aturan berupa,larangan himbauan dan sanksi bagi anggota masayarakat

b.     Memuat masyarakat mengenai sesuatu  yang berkaitan dengan kehidupan

c.      Memliki kaitan terhadap kepercayaan masyarakat terhadap unsur-unsur spiritualis

d.     Memilkilandasanberupaanggapanbaikataupunburuk oleh masyarakat

e.      Mendorong masyarakat menciptakan sesuatu demi mencukupi kebutuhan

3.     Masyarakat bali menggunakan sistim subak untuk mengatasi lahan pertanian  yang miring,keadaan ini menunjukan kearifan local dalam suatu masyarakat memilki kedudukan sebagai ….

a.      Aturan yang bersifatfleksibel

b.     Aturan yang wajibdipatuhisemuawarga

c.      Solusikreatifbagimasayarakatdalammenghadapimasalah

d.     Pedomanhidup yang menyebabkanmayarakatmenjaditerbelakang

e.      Pengetahuanmasayarakat yang bersifattradisional

 

4  Dalampelaksanaanpemberdayaankomunitas,Inisitormelakukanstrategipendampingansecaraberkelompok,tindakantersebutbertujuan …

a.      Memudahkan pemetaan potensi swadaya masayarakat

b.     Menggali kearifan local yang terdapat dalam masayarakat

c.      Mengefektifkan waktu pendampingan terhadap masayarakat

d.     Mengakomaodasi permintaan masyarakat  yang diberdayakan

e.      Memudah kandalam melakan terminasi program pemberdayaan

5.     Masyarakat  suku baduy dikenal memegang teguh adat istiadat,keadan initerlihat dari penolakan suku baduy menggunakan peralatan modern .hal ini mengindikasi bahwa ,….

a.      Masayarakat baduy berada di daerah yang terisolir

b.     Masayarakat baduy tergantung pada alam sekitarnya

c.      Peralatan modern menimbulkan kerusakan lingkungan adat

d.     Masayarakat baduy tidak bias mengguanakan peralatan modern

e.      Peralatan modern bertentangan denagan adat

istiadat masayarakat baduy     

B.    Mari kerjakansoal-soalberikut.

1.     Bagaimanakah terbentuknya proses kearifan local? Jelaskan secara singkat

2.     Mengapa pihak swasta berkewajiban ikut serta dalam upaya pemberdayaan komunitas?

3.  
Perhatikan Wacana berikut 

4.     Mengapa program pemberdayaan berusaha melakukan penguatan bagi komunitas?

5.     Program-program pemberdayaan komunitas  yang dijalankan inisiator diharapkan berkelanjutan . Mengapa demikian?

Refleksi

Melalui pemberdayaan komunitas local yang berpegang pada nilai– nilai keariafan local, masayarakat Indonesia dapat meningkatkan kesejahteraan ,mengikuti perubahan zaman  tanpa keluar dari koridor kebudayaan . Selain itu dengan mengangkat kearifanl ocal  bangsa Indonesia tidak akan kehilangan jati diri ditengah gempuran budaya  global. Unsur budaya bernilai positif perlu diserap untuk meningkatkan kualitas budaya bangsa Indonesia. Adapun nilai budaya berbau negative harus ditolak dengan tegas . dengan demikian nilail uhur  yang menjadi ciri khas budaya Indonesia tetap terpelihara.

 

 

Tidak ada komentar