Header Ads

ads header

Breaking News

KB. 1 Kelompok Sosial dalam Kehidupan Masyarakat I Sosiologi XI Sem. Ganjil




A. Pengelompokan sosial dan kaitannya dengan partikularisme kelompok

Manusia senantiasa melakukan interaksi dengan manusia lain demi terpenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun bentuk  hubungan tersebut terwujud dalam kelompok-kelompok sosial. Kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama. Untuk lebih memahami kelompok sosial pelajari materi berikut dengan seksama.

Pengertian kelompok sosial
    1. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt. Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi
    2. Robert K. Merton. Kelompok sosial merupakan kelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan.
    3. Soejono Soekanto. Kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan antara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi.

Berdasarkan pengertian para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang memiliki persamaan ciri dan memiliki pola interaksi yang terorganisir secara berulang-ulang serta memiliki kesadaran bersama akan keanggotaannya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download materi pada link dibawah ini


Tidak ada komentar