Header Ads

ads header

Breaking News

KD 3.2 Permasalahan sosial dalam masyarakat I Sosiologi Lintas Minat kelas XI I Sem. Ganjil

 


A. Permasalahan sosial di Masyarakat 

1.    Konsep masalah sosial 

        Kehidupan manusia tidak terlepas dari masalah sosial. Hal ini karena masalah sosial terjadi sebagai akibat dari interaksi sosial antarmanusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Soejono soekanto mengatakan masalah sosial akan terjadi apabila kenyataan yang dihadapi oleh warga berbeda dengan harapannya. Selanjutnya Daldjoeni mengatakan bahwa masalah sosial adalah suatu kesulitan atau ketimpangan yang bersumber dari dalam masyarakat sendiri dan membutuhkan pemecahan dengan segera.

 

2.    Ruang lingkup masalah sosial

a.    Ruang Lingkup Individu

Setipa individu tentunya memiliki permasalahan yang dapat berdampak pada masyarakat luas. Permasalahan ini disebabkan karena faktor internal dan eksternal. Selain itu masalah sosial juga timbul akibat kurang terbukanya individu terhadap orang lain. Masalah ini dapat diatasi dengan diberikan nasihat, curhat, introspeksi diri atau pemberian motivasi yang dapat membangun mental seseorang menjadi lebih baik.

b.    Ruang Lingkup Keluarga

Dalam keluarga tentu terdapat berbagai permasalhan yang dihadapi. Misalnya, kasus kekerasan dalam rumah tangga. Dalam permasalahan ini pelaku kekerasan adalah anggota keluarga sendiri. Masalah dalam lingkup keluarga dapat terjadi karena kurangnya komunikasi yang baikantar anggota keluarga. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan musyawarah.

c.    Ruang Lingkup Masyarakat

Masalah sosial lingkup masyarakat biasanya terjadi karena kondisi masyarakat yang tidak ideal dan harmonis. Permasalahan ini dapat diatasi dengan adanya pemimpin yang bersikap tegas dan bertanggung jawab terhadap masyarakatnya sendiri.

 

3.    Faktor penyebab masalah sosial

Masalah sosial dapat terjadi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Adapun faktor penyebab yang dimaksud sebagai berikut.

a.    Faktor ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu faktor yang sering menyebabkan terjadinya masalah sosial dalam masyarakat. Adapun masalah sosial yang berasal darifaktor ekonomi, antara lain pengangguran, kemiskinan, kriminalitas, dan lain sebagainya.

b.    Faktor budaya

Faktor ini berkaitan dengan attitude atau perilaku manusianya. Setiap masysarakat memiliki kebudayaan yang berbeda sehingga permasalahan yang muncul pun berbeda. Masalah karena faktor budaya misalnya, kenakaan remaja, pernikahan dini, dan kejahatan.

c.    Faktor biologis

Faktor biologis berkaitan dengan kondisi fisik dan kesehatan. Hal yang paling berkaitan dengan masalah sosial adalah penyakit menular. Penyakit menular yang mewabah disuatu daersh dapat mengakibatkan kondisi sosialnya menjadi berantakan dan menimbulkan masalah sosial.

d.    Faktor psikologis

Selain faktor-faktor diatas, kondisi psikologis seseorang juga dapat mendorong munculnya masalah sosial. Adapun permasalahan sosial yang disebabkan oleh faktor psikologis, antara lain penyakit syaraf (neurosis), bunuh, dan disorganisasi jiwa. 

untuk materi lengkapnya silahkan download disini Materi Permasalahan sosial dalam masyarakat

serta tontonlah video dibawah ini untuk menambah pengetahuan kalian tentang materi tersebut diatas 

video pembelajaran permasalahan sosial dalam masyarakat





Tidak ada komentar