Header Ads

ads header

Breaking News

Kb. 1 Pengenalan P5PPRA (Projek penguatan Profil pelajar pancasila dan Profil pelajar Rahmatan Lil Alamin) I Kelas X I Sem. Ganjil

A.     Konsep P5PPRA

P5-PPRA merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan konsep Rahmatan Lil Alamin. P5-PPRA Sebuah ikhtiar untuk merawat tradisi dan menyemai gagasan beragama yang ramah dan moderat. Gagasan Rahmatan lil Alamin sesungguhnya adalah salah satu opsi merawat kebhinnekaan Indonesia tanpa harus mencabut tradisi dan kebudayaan yang ada.

Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah dan mengimplementasikan suatu tema menantang. Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan karya, produk, dan/atau aksi.

 


Dalam Profil Pelajar Pancasila terdapat beberapa dimensi dan nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang:

1.      Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;

2.      Berkebhinekaan global;

3.      Bergotong-royong;

4.      Mandiri;

5.      Bernalar kritis;

6.      Kreatif.

Sekaligus pelajar juga mengamalkan nilai-nilai beragama yang moderat, baik sebagai pelajar Indonesia maupun warga dunia. Nilai moderasi beragama ini meliputi:

1.      Berkeadaban (ta’addub);

2.      Keteladanan (qudwah);

3.      Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah);

4.      Mengambil jalan tengah (tawassuṭ);

5.      Berimbang (tawāzun);

6.      Lurus dan tegas (I’tidāl);

7.      Kesetaraan (musāwah);

8.      Musyawarah (syūra);

9.      Toleransi (tasāmuh);

Dinamis dan inovatif (taṭawwur wa ibtikār)



Untuk materi lengkapnya silahkan download link dibawah ini!


Download Materi Konsep P5PPRA

Tidak ada komentar