Kb. 1 Pengenalan P5PPRA (Projek penguatan Profil pelajar pancasila dan Profil pelajar Rahmatan Lil Alamin) I Kelas X I Sem. Ganjil
A.
Konsep P5PPRA
P5-PPRA merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin sebagai
upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap nilai-nilai
Pancasila dan konsep Rahmatan Lil Alamin.
P5-PPRA Sebuah ikhtiar untuk merawat tradisi dan menyemai gagasan beragama yang
ramah dan moderat. Gagasan Rahmatan lil Alamin sesungguhnya
adalah salah satu opsi merawat kebhinnekaan Indonesia tanpa harus mencabut
tradisi dan kebudayaan yang ada.
Projek adalah serangkaian kegiatan
untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah
dan mengimplementasikan suatu tema menantang. Projek didesain agar peserta
didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta
didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk
menghasilkan karya, produk, dan/atau aksi.
Dalam Profil Pelajar Pancasila terdapat beberapa dimensi dan
nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan
kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa
Indonesia sekaligus warga dunia yang:
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak
mulia;
2. Berkebhinekaan global;
3. Bergotong-royong;
4. Mandiri;
5. Bernalar kritis;
6. Kreatif.
Sekaligus pelajar juga mengamalkan nilai-nilai beragama yang
moderat, baik sebagai pelajar
Indonesia maupun warga dunia. Nilai moderasi
beragama ini meliputi:
1. Berkeadaban (ta’addub);
2. Keteladanan (qudwah);
3. Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah);
4. Mengambil jalan tengah (tawassuṭ);
5. Berimbang (tawāzun);
6. Lurus dan tegas (I’tidāl);
7. Kesetaraan (musāwah);
8. Musyawarah (syūra);
9. Toleransi (tasāmuh);
Dinamis dan inovatif (taṭawwur wa ibtikār)
Tidak ada komentar