Header Ads

ads header

Breaking News

Kb. 1 Sejarah dan Perkembangan Sosiologi I IPS Sosiologi Kelas X Sem. Ganjil

 


A.     Pengantar Sosiologi : Kelahiran dan Kajian Sosiologi

Masih ingatkah kamu saat pertama kali berkenalan dengan teman-temanmu di kelas? Bagaimana kamu memperkenalkan diri dan menjalin komunikasi dengan teman barumu? Saat itu secara tidak langsung kamu sedang belajar sosiologi. Apa itu sosiologi?  mengapa sosiologi penting untuk dipelajari?

Sosiologi dikenal sebagai ilmu yang mempelajari tentang berbagai fenomena berupa masalah sosial dan masyarakat. mereka mempertanyakan mengapa masyarakat berubah? Mengapa manusia sebagai individu melakukan suatu tindakan? Mengapa terdapat perubahan sosial? Bagaimana masyarakat berubah? Masyarakat menjadi salah satu objek kajian sosiologi.

Menurut  Auguste Comte, istilah sosiologi berasal dari gabungan Bahasa latin (socius) berarti kawan, dan Bahasa Yunani (logos) berarti bicara. Berdasarkan dua kata tersebut, sosiologi dapat diartikan “berbicara mengenai masyarakat). Auguste Comte yang hidup di Prancis pada tahun 1798 hingga 1857 dan dibesarkan setelah Revolusi Prancis, dikenal sebagai Bapak Sosiologi.

Ditempat dan waktu lain sebelum Auguste Comte lahir, pada abad ke 14 di Tunis terdapat seorang sejarahwan Islam bernama Ibnu Khaldun yang juga mengkaji masyarakat. Dalam bukunya yang berjudul Muqaddimah Ibnu Khaldun telah mengklasifikasikan masyarakat dalam dua kelompok. Yaitu Badawah  dan Hadharah.  Badawah adalah kelompok masyarakat yang memiliki soslidaritas tinggi, hidup sederhana, dan tidak mengejar duniawi. Sedangkan Hadharah  adalah kelompok masyarakat yang memiliki gaya hidup mewah, solidaritas rendah, dan lebih mementingkan hawa nafsu.

 

1.      Kelahiran dan perkembangan sosiologi

        silahkan simak video berikut ini untuk memahami sejarah lahirnya sosiologi



Sosiologi lahir dari situasi dan kondisi masyarakat terutama di Eropa pada abad ke 19 (1838). Ketika terjadi Revolusi Industri dan Revolusi Prancis. Perubahan besar-besaran yang mengubah masyarakat agraris menjadi masyarakat industri yang berdampak pada kondisi sosial, ekonomi, dan budaya. Revolusi Industri kemudian berkembang dari Eropa ke Amerika dan berbagai wilayah lain di dunia. Revolusi Industri benar-benar mengubah tatanan sosial, yang awalnya cara hidup masyarakat di anggap tradisional menjadi modern. Pekerjaan yang pada awalnya dikerjakan tenaga manusia digantikan oleh mesin. Beberapa perubahan yang terjadi akibat Revolusi industri adalah perubahan teknologi karena penemuan mesin-mesin, perubahan tata kerja, perubahan budaya, perubahan politik, pengangguran, kemiskinan, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang menjadikan sosiologi berkembang sebagai ilmu pengetahuan.

untuk materi lengkapnya silahkan download pada link dibawah ini!

Download Materi lengkap Sejarah Sosiologi dan perkembangannya

Download PPT Materi sejarah lahirnya sosioloi dan perkembangannya



 


Tidak ada komentar