Header Ads

ads header

Breaking News

KB. 2 IDENTITAS SOSIAL I SOSIOLOGI KELAS X I SEM. GENAP

 

 

Manusia dalam kehidupan bermasyarakat memiliki kebutuhan untuk dapat mengerti hakikat dirinya sendiri. Identitas sosial adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Pendekatan identitas sosial merujuk pada suatu motivasi dasar individu untuk kepercayaan diri mereka dalam konteks kelompoknya. Motivasi tersebut timbul dengan adanya perbedaan antara kelompoknya dengan kelompok lain dalam aspek nilai-nilai keunggulan kelompoknya.

Identitas sosial bukan hanya tentang bagaimana individu melihat diri mereka sendiri, tetapi juga bagaimana mereka dilihat oleh orang lain dalam kelompok sosial yang berbeda. Dan pembentukan identitas sosial dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti budaya, norma sosial,

Pengalaman pribadi, dan banyak faktor lainnya.

Bagaimana Proses Sebuah Identitas Terbentuk? Simak Penjelasannya di Sini!


A. Pengertian Identitas Sosial

Dikutip dari Science Direct, sebuah teori identitas sosial mendefinisikan kelompok sebagai kumpulan orang-orang yang mengkategorikan diri mereka sebagai bagian dari kategori sosial yang sama. Kesamaan ini mereka bangun dengan menginternalisasikan atribut-atribut yang menentukan identitas sosial.

Konsep ini merujuk pada cara individu mengidentifikasi diri mereka sendiri dalam konteks sosial, bagaimana mereka merasa terhubung dengan berbagai kelompok sosial, dan bagaimana identitas ini memengaruhi perilaku dan persepsi mereka terhadap diri mereka sendiri dan orang lain.

Menurut Richard Jenkins (1996) dalam bukunya yang berjudul "Social Identity Third Edition", identitas sosial sebagai suatu pandangan seseorang tentang siapa dirinya, orang seperti apa mereka, dan bagaimana mereka berhubungan dengan orang lain. Identitas tersebut mengacu pada cara-cara di mana individu dan kolektivitasnya dibedakan dalam hubungan sosial dengan individu atau kolektivitas lainnya.

Sementara menurut Michael A. Hogg dan Domonic Abrahams (1988), identitas sosial didefinisikan sebagai pengetahuan individu bahwa ia miliki kelompok sosial tertentu bersama-sama dengan beberapa makna emosional dan nilai dari keanggotaan kelompok.
Dalam hal ini, identitas sosial bukan hanya tentang bagaimana individu melihat diri mereka sendiri. Akan tetapi juga bagaimana mereka dilihat oleh orang lain dalam kelompok sosial yang berbeda.

Contoh Identitas Sosial
Kategorisasi ini sering kali diberikan kepada kita atau sesuatu yang kita dilahirkan. Contoh identitas sosial antara lain: ras, etnis, jenis kelamin, jenis kelamin, status sosial ekonomi, orientasi seksual, usia, agama/keyakinan agama, asal negara, dan emosi, ketidakmampuan dan kemampuan perkembangan.

9 contoh identitas sosial:

1. Usia: Identitas sosial berdasarkan usia mencakup kategori seperti anak-anak, remaja, dewasa

    muda, dewasa, atau lansia. Bahkan pengelompokan berdasarkan generasi kelahiran

    seperti gen Z, milenial, dan lain sebagainya.
2. Ras: Identitas sosial berdasarkan ras mencakup kelompok-kelompok seperti Orang Kulit

     Putih, Afrika-Amerika, Asia, dan banyak lagi.
3. Etnis: Identitas etnis dapat merujuk pada kelompok etnis tertentu seperti Hispanic, Arab,

     Yahudi, atau Navajo. Identitas etnis memengaruhi budaya, tradisi, dan nilai-nilai individu     

     serta cara mereka mengidentifikasi diri dalam konteks sosial.
4. Kelas Sosial: Identitas sosial berdasarkan kelas sosial mencakup kelompok seperti pekerja,

     kelas menengah, dan kelas atas. Ini berkaitan dengan status ekonomi individu dan dapat

     memengaruhi akses mereka terhadap sumber daya dan peluang.
5. Gender: Identitas gender adalah cara individu mengidentifikasi diri mereka dalam hal gender,

     seperti laki-laki, perempuan, dll.
6. Kewarganegaraan: Seseorang bisa mengidentifikasi diri sebagai warga negara Amerika,

        negara Kanada, warga negara India, dan seterusnya. Identitas kenegaraan

        memengaruhi hak-hak politik dan hukum individu.

7. Kemampuan: Kemampuan mencakup individu dengan berbagai tingkat kemampuan, seperti

    orang dengan disabilitas fisik, disabilitas intelektual, atau gangguan kesehatan mental.

8. Orientasi Seksual: Orientasi seksual yang umum mencakup ketertarikan terhadap lawan jenis,

    ketertarikan terhadap sesama jenis, biseksual (tertarik pada kedua jenis kelamin), dan masih

    banyak lagi.

9. Agama: Identitas agama melibatkan keyakinan agama individu, seperti Islam, Kristen, Hindu,

    Buddha, atau agama-agama lainnya.


Dengan demikian, identitas sosial mengacu pada keanggotaan seseorang dalam suatu kelompok sosial. Adapun kelompok sosial seseorang dapat diklasifikasikan berdasarkan usia, kemampuan, etnis, ras, jenis kelamin, orientasi seksual, status sosial ekonomi, dan agama

 

B. Konsekuensi Identitas Sosial : Eksklusi dan Inklusi

Akhir-akhir ini, sering terjadi banyak konflik yang berakhir dengan jatuhnya korban jiwa. Adakah kalian pernah berfikir bagaimana konflik-konflik tersebut dapat terjadi? Di kalangan pelajar acapkali kita menyaksikan tawuran antarsekolah. Konflik juga dapat berupa tawuran antarkampung, perkelahian massal supporter bola, hingga konflik paling sensitive berbasis SARA. Beragam konflik yang terjadi jika dilihat dari jenis konflik yang ada berpangkal pada satu hal yakni identitas.

Identitas menjadi dasar bagi seseorang untuk mengikatkan dirinya pada komunitas atau kelompoknya. Ikatan tersebut memunculkan kedekatan dengan orang-orang yang memiliki kesamaan identitas. Ikatan-ikatan inilah yang pada akhirnya membuat perbedaan antarkelompok. Dari identitas melahirkan perasaan dan keinginan untuk membedakan satu diantara yang lain.

Eksklusifitas sangat rawan menyinggung pihak lain yang tidak sepaham dengannya. Pemikiran tersebut dapat memicu ketegangan antarpihak yang dapat berujung konflik sosial. Keragaman identitas di Indonesia seharusnya dipandang sebagai kekayaan identitas dimana kekayaan tersebut justru menjadi kekuatan bangsa dalam menatap masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan bagi setiap kelompok anak bangsa dalam mengembangkan karakter inklusifnya.

Setelah mempelajari materi diatas silahkan download LKPD pada link berikut ini kemudian dikerjakan sesuai instruksi yang ada pada lembaran LKPD tersebut 

LKPD IDENTITAS SOSIAL

simak video berikut untuk menambah pemahaman kalian tentang materi Identitas sosial

https://www.youtube.com/watch?v=ifUgay5n3PE




Tidak ada komentar